BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Pada
saat ini, banyak anak muda yang menggunakan barang elektronik yang sudah
canggih. Salah satunya adalah HandPhone(HP), yang sering kita gunakan untuk
alat berkomunikasi. HandPhone yang kita gunakan umumnya digunakan untuk
berkomunikasi, tapi tidakkah anda tau bahwa anak muda sering menyalah
gunakannya,yaitu untuk melihat hal-hal yang semestinya tidak patut mereka lihat
apalagi sebagai pelajar. Bayangkan jika para pelajar melihat hal-hal seperti
itu. Sekalipun belum ada pembuktian secara akademis, bahwa maraknya peristiwa
penyimpangan seksual dan pernikahan dini saat ini adalah didorong oleh penyalah
gunaan tekologi seperti situs porno di HP. Rancangan Undang-Undang agar pelajar
tidak diperbolehkan membawa handphone diperbincangkan di mana-mana. Perilaku pelajar
dewasa ini semakin menjadi-jadi.
Tak
sedikit pelajar yang ketahuan menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di
handphone. Belum lagi, handphone juga digunakan untuk tukar-tukanran jawaban
ujian. Sebagaimana perkembangan zaman yang modern , saya melakukan penelitian
ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh HP saat ini bagi
pelajar di Indonesia.
1.2 RUMUSAN MASALAH
Masalah
yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah dampak penggunaan HP yang
sudah berlebihan bagi pelajar dapat mengurangi prestasi belajar.
1.3 TUJUAN PENELITIAN
Adapun
tujuan dari penelitian ini:
Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh HP saat ini
bagi pelajar di Indonesia.
1.4 MANFAAT
Ada
2 manfaat yang dapat kita peroleh:
1)Manfaat umum meliputi:
Dampak Positif
1.
Mempermudah komunikasi.
2.
Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
3.
Memperluas jaringan persahabatan.
Dampak Negatif :
1. Mengganggu Perkembangan Anak :
Dengan
canggihnya fitur-fitur yang tersedia di hand phone (HP) seperti : kamera,
permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah?
Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, miscall dari
teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang
menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru
menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka
generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
2. Efek radiasi
Selain
berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya. penggunaan HP
juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan
bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak.
Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi
kesempatan menggunakan HP secara permanen.
3. Rawan terhadap tindak kejahatan.
Ingat,
pelajar merupakan salah satu target utama dari pada penjahat.
4. Sangat berpotensi mempengaruhi
sikap dan perilaku siswa.
Jika
tidak ada kontrol dari guru dan orang tua. HP bisa digunakan untuk menyebarkan
gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak
layak dilihat seorang pelajar.
5. Pemborosan
Dengan
mempunyai HP, maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau HP hanya
digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi
pemborosan yang saja.
2)Manfaat khusus meliputi:
1.
Mempermudah komunikasi
2.
Mengetahui perkembangan teknologi
2.1 KAJIAN PUSTAKA
Maria
Ulfa menilai negative pelajar yang melakukan penyimpangan tersebut. Ia
mengakui, penyimpangan tersebut memang sering terjadi, namun tergantung invidu
masing-masing menyikapinya. Fauqal setuju. Menurutnya, penyimpangan ini
tergantung orangnya, mau digunakan untuk hal yang positif atau negative. “TIdak
semua pelajar yang menyimpan foto atau video porno di handphone-nya.”
Rahmadanil Akbar, Dirga Pryono Putra, dan Arif Firmansyah memandang
penyimpangan ini merupakan salah satu bentuk kenakalan remaja. Melisa lain lagi.
Pendapatnya, penyimpangan ini terjadi karena ketidakmampuan remaja dalam
menghadapi perkembangan teknologi sebagai hal yang positif.
(Monica
Florida Johan/ SMA N 14 Padang, Oktorilla Fiskasianita/ SMA N 2 Padang)
3.1 METODE PENELITIAN
a) METODE PENELITIAN
Metode yang saya lakukan sebagai berikut:
1)Dengan
pulsa Rp 5.000,00 dan menggunakannya pada waktu belajar.
2)Melihat
dan membaca berita di TV ataupun koran.
1.2 Pelaksanaan Penelitian
Penelitian
ini dilaksanakan di Jalan Matahari Pondok Teratai Sooko Kabupaten Mojokerto
pada 15 November 2008.
1.1 Penilaian
Penilaian
ini dilaksanakan dengan menggunakan instrumen. Kriteria keberhasilan 25%.
Diharapkan penilaian mendapatkan hasil maksimal, dan hasil analisis data ini di
deskripsikan sebagai berikut:
90
– 100 = baik sekali
75
– 89 = baik
60
– 74 = cukup
45
– 59 = kurang
b) HASIL PENELITIAN
3.1 Analisis Data
Sesuai
dengan tujuan penelitian yang telah dirumuskan hasil analisis data skor
kemampuan tidak sesuai dengan yang diharapkan, 2 anggota yang telah diteliti
kurang memuaskan(15%), sedangkan 3 anggota yang lain mendapatkan hasil yang
memuaskan(10%). Jadi, skor yang diperoleh adalah 45.
4.1 PENUTUP
a) Kesimpulan
Dari
penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa”Perkembagan teknologi sekarang yang
cukup mdern dapat mempengaruhi dunia pendidikan di Indonesia. Maraknya HP
sekarang juga sudah merusak akhlak pelajar di negeri kita rusak” .
b) Saran
Berdasarkan hasil penelitian diatas disarankan
bahwa,"Menggunakan HP lebih baik tidak pada waktu belajar dan jauhilah
anak yang suka melihat dan menggunakan HP dengan tidak
seharusnya/semestinya."
DAFTAR PUSTAKA
Monica
Florida Johan/ SMA N 14 Padang, Oktorilla Fiskasianita/ SMA N 2 Padang
Ensiklopedia
Populer Anak.1999.Buku.Jakarta : PT Ichtiar Baru Van Hoeve