Minggu, 21 Oktober 2012

Pasar Konsumen

Pasar konsumen saat ini sedang mengalami perubahan yang sangat cepat yang tidak pernah dirasakan sebelumnya. Berbagai jenis tawaran baik kesempatan maupun tantangan yang baru banyak bermunculan. Hal ini dapat mempengaruhi perilaku berbelanja secara dramatis, menumbuhkan arus urbanisasi, memunculkan wilayah-wilayah pelayanan yang dibutuhkan dalam keadaan darurat, mengubah tren dan gaya hidup, dan yang terpenting menambah kekuatan dari retailer sebagai kunci penghubung antara pembeli dan penjual.
Tujuan dari pemasaran adalah untuk mempertemukan target kepuasan daripada kebutuhan konsumen dengan tingkat yang lebih baik dari para pesaing. Pemasar selalu melihat dan memperhatikan tren daripada kebutuhan darurat yang dikehendaki konsumen, dan menjadikannya sebagai kesempatan dalam memasarkannya. Sebagai contohnya, kebutuhan darurat akan telepon genggam, khususnya bagi konsumen remaja dan usia produktif, hal ini telah membuat pemasar untuk memikirkan ulang mengenai apa yang harus dilakukannya guna meraih pasar tersebut dengan peluang yang tersedia.
Pasar konsumen tersusun dari individu-individu yang membeli baik itu sebuah barang yang secara spesifik maupun jasa. Tak jarang sebuah produk memiliki keterkaitan dengan populasi konsumen secara keseluruhan. Misalnya gula, tepung, dan garam. Secara jumlah, rumah tangga membutuhkan persentase yang besar dalam memenuhi kebutuhan akan produk tersebut, sehingga apabila sebuah perusahaan hendak menargetkan populasi konsumen secara keseluruhan, hal ini dapat menjadikan sebagai suatu konsumen yang sangat potensial.

Pemasaran yang sukses membutuhkan koneksi yang mantap antara pihak perusahaan dengan para pelanggannya. Mengadopsi dari orientasi pemasaran secara holistik, berarti dimaksudkan untuk sedapat mungkin mengerti dan memahami para pelanggan, mendekatkan pandangan mereka sehari-harinya dan mengubahnya selama masa hidupnya sehingga produk yang tepat dapat terpasarkan pada para pelanggannya dengan cara yang tepat pula. Selain itu, dalam menilai perilaku konsumen sebagai sasaran pemasaran, pembagian atau segmen daripada pasar harus menjadi catatan khusus yang wajib diterapkan dalam menganalisis pasar konsumen.

http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=814:pasar-konsumen&catid=56:manajemen-pemasaran&Itemid=58

Tidak ada komentar:

Posting Komentar