Pasar
konsumen saat ini sedang mengalami perubahan yang sangat cepat yang
tidak pernah dirasakan sebelumnya. Berbagai jenis tawaran baik
kesempatan maupun tantangan yang baru banyak bermunculan. Hal ini dapat
mempengaruhi perilaku berbelanja secara dramatis, menumbuhkan arus
urbanisasi, memunculkan wilayah-wilayah pelayanan yang dibutuhkan dalam
keadaan darurat, mengubah tren dan gaya hidup, dan yang terpenting
menambah kekuatan dari retailer sebagai kunci penghubung antara pembeli dan penjual.
Tujuan
dari pemasaran adalah untuk mempertemukan target kepuasan daripada
kebutuhan konsumen dengan tingkat yang lebih baik dari para pesaing.
Pemasar selalu melihat dan memperhatikan tren daripada kebutuhan darurat
yang dikehendaki konsumen, dan menjadikannya sebagai kesempatan dalam
memasarkannya. Sebagai contohnya, kebutuhan darurat akan telepon
genggam, khususnya bagi konsumen remaja dan usia produktif, hal ini
telah membuat pemasar untuk memikirkan ulang mengenai apa yang harus
dilakukannya guna meraih pasar tersebut dengan peluang yang tersedia.
Pasar
konsumen tersusun dari individu-individu yang membeli baik itu sebuah
barang yang secara spesifik maupun jasa. Tak jarang sebuah produk
memiliki keterkaitan dengan populasi konsumen secara keseluruhan.
Misalnya gula, tepung, dan garam. Secara jumlah, rumah tangga
membutuhkan persentase yang besar dalam memenuhi kebutuhan akan produk
tersebut, sehingga apabila sebuah perusahaan hendak menargetkan populasi
konsumen secara keseluruhan, hal ini dapat menjadikan sebagai suatu
konsumen yang sangat potensial.
Pemasaran
yang sukses membutuhkan koneksi yang mantap antara pihak perusahaan
dengan para pelanggannya. Mengadopsi dari orientasi pemasaran secara
holistik, berarti dimaksudkan untuk sedapat mungkin mengerti dan
memahami para pelanggan, mendekatkan pandangan mereka sehari-harinya dan
mengubahnya selama masa hidupnya sehingga produk yang tepat dapat
terpasarkan pada para pelanggannya dengan cara yang tepat pula. Selain
itu, dalam menilai perilaku konsumen sebagai sasaran pemasaran,
pembagian atau segmen daripada pasar harus menjadi catatan khusus yang
wajib diterapkan dalam menganalisis pasar konsumen.
http://ilerning.com/index.php?option=com_content&view=article&id=814:pasar-konsumen&catid=56:manajemen-pemasaran&Itemid=58
Tidak ada komentar:
Posting Komentar